Menyusun Teks Eksposisi

loading...

Menyusun Teks Eksposisi

sepertiyang yang sudah dipaparkan terlampau bahwa teks eksposisi ialah teks yang bersifat argumentatif. Di dalamnya dikemukakan sejumlah argumen dan diperkuat pula oleh fakta-fakta sehingga sanggup meyakinkan khalayak.Teks eksposisi banyak memakai fakta dan argumentasi-argumentasi menurut pendirian dan sudut pandang penulis ataupun penuturnya.
Luasnya wawasan, kuatnya pendirian, serta iman akan kebenaran atas topik yang akan kita kemukakan sangatlah utama dalam teks eksposisi. Kita harus menyiapkan aneka macam sumber untuk sanggup membuatkan topik yang dipilih secara mendalam. melaluiataubersamaini demikian, khalayak dibutuhkan sanggup memperoleh pencerahan, keyakinan, bahkan sanggup terbujuk untuk melaksanakan
sesuatu yang kita harapkan dalam teks tersebut.
Berdasarkan hal itu, langkah penulisan teks eksposisi ialah sebagai diberikut.
a. Menentukan topik, yakni suatu hal yang memerlukan pemecahan duduk kasus atau sesuatu yang
mengandung problematika di masyarakat. Hal itu, mungkin berkenaan dengan duduk kasus sosial, budaya, pendidikan, agama, bahasa, sastra, politik.
misal:
1) kehidupan bawah umur jalanan di ibu kota besar;
2) perubahan sikap masyarakat pedesaan oleh faktor media massa;
3) pendidikan bagi bawah umur terlantar;
4) perkawinan beda agama;
5) ragam bahasa anak gres gede;
6) sastra verbal dari tempat Indonesia timur;
7) pemilihan kepala daerah secara eksklusif atau melalui perwakilan.
b. Mengumpulkan materi dan data untuk memperkuat argumen, baik dengan membaca-baca surat kabar, majalah, buku, ataupun internet. Data itu sanggup diperoleh melalui pengamatan ke lapangan atau dengan melaksanakan wawancara. Misalnya, untuk menulis teks bertopik kehidupan bawah umur jalanan. Kita harus (1) membaca-baca buku, artikel, diberita tentang kondisi dan karakteristik bawah umur jalanan; (2) mengobservasi/penelitian terhadap sikap bawah umur jalanan; atau (3) melaksanakan wawancara dengan pihak pemerintah, masyarakat masyarakat, atau bahkan dengan para anak jalanan itu sendiri.
c. Membuat kerangka goresan pena berkenaan dengan topik yang akan kita tulis, yang mencakup beberapa aspek tesis,
argumen, dan penegasan (kesimpulan). Langkah ini penting biar goresan pena kita itu tersusun
secara lebih sistematis, lengkap, dan tidak tumpang tindih.
d. Mengembangkan goresan pena sesuai dengan kerangka yang sudah kita buat. Argumentasi dan fakta
yang sudah dikumpulkan, kita masukkan ke dalam goresan pena itu secara padu sehingga teks itu sanggup meyakinkan khalayak.

Rujukan

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Tag : PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Menyusun Teks Eksposisi"

Back To Top