Materi Pembelajaran Teks Eksplanasi

loading...

MATERI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI
A. Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi ekspresi dan tulis
4.3 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara ekspresi dan tulis
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara ekspresi atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

B. Ringkasan Materi
1. Mengidentifikasi Informasi dalam Teks eksplanasi
Teks eksplanasi sanggup disamakan dengan teks yang menceritakan mekanisme atau proses terjadinya sesuatu. melaluiataubersamaini teks tersebut, pembaca sanggup memperoleh pemahaman terkena latar belakang terjadi sesuatu secara terang dan logis. Teks eksplanasi memakai banyak fakta dan pernyataan-pernyataan yang mempunyai kekerabatan alasannya akhir (kausalitas). Namun, sebab-sebab ataupun akibat-akibat itu berupa sekumpulan fakta berdasarkan penulisnya.
misal teks eksplanasi
Akhir-akhir ini demonstrasi kerap terjadi di hampir setiap waktu dan terjadi di banyak sekali tempat. Bahkan, demonstrasi sudah menjadi fenomena yang lumrah di tengah-tengah masyarakat kita. Menanggapi fenomena tersebut, seorang kepala kawasan menyatakan bahwa penyebab demonstrasi dan anarkisme tidak lain ialah faktor laparnya masyarakat. Lantas ia mencontohkan rakyat Malaysia dan Brunei yang adem ayem, karena kesejahteraan mereka terpenuhi maka demonstrasi di negara-negara itu jarang terjadi.
Tentu saja komentar tersebut menyulut reaksi para mahasiswa. Mereka memprotes dan meminta sang bupati mencabut kembali pernyataannya. Para mahasiswa tidak terima dan tidak merasa mempunyai motif serendah itu. Mereka berpendirian bahwa demonstrasi yang biasa mereka lakukan murni untuk memperjuangkan kebenaran dan melawan kemunkaran yang terjadi di hadapannya.
Persoalannya kemudian, pendapat manakah yang benar; sang bupati atau pihak mahasiswa ataupun komponen-komponen masyarakat lainnya? Barangkali kecerdikan sang bupati dikaitkan dengan kebiasaan bayi atau anak  kecil yang memang begitu adanya. Kalau seorang bayi merasa lapar, ia akan ngamuk: menangis dan meronta-ronta. Namun, apabila kecerdikan sang bupati dibawa pada konteks yang lebih luas, jelaslah tidak relevan, contohnya membandingkan dengan kondisi rakyat di Malaysia ataupun Brunei yang adem-ayem, tidak ibarat halnya rakyat Indonesia yang gampangan.
Demonstrasi massa tidak selalu disebabkan oleh urusan perut, bahkan banyak insiden yang sama sekali tidak didasari oleh motif itu. Dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, Abraham Maslow membaginya ke dalam beberapa tingkatan. Kebutuhan yang paling fundamental ialah makan dan minum. Sementara itu, yang paling puncak ialah kebutuhan akan aktualisasi diri.
Namun demikian, pada umumnya demonstrasi massa justru lebih didasari oleh kebutuhan tingkatan tamat itu. Masyarakat berdemonstrasi karena membutuhkan ratifikasi dari pemerintah ataupun pihak-pihak lain semoga hak-hak dan eksistensi mereka diakui. Oleh karena merasa dibiarkan, hak-haknya diingkari, bahkan dinistakan, kemudian mereka berusaha untuk menunjukkan jati dirinya dengan cara berdemonstrasi.
Banyak fakta sanggup membuktikannya. Demonstrasi massa pada pertamapertama reformasi di negeri ini pada  tahun 1997-1998, bukan dilakukan oleh rakyat miskin ataupun orang-orang lapar. Justru hal itu dilakukan oleh masyarakat dari kalangan menengah ke atas, dalam hal ini ialah mahasiswa dan golongan intelektual. Belum lagi kalau merujuk pada kasus-kasus yang terjadi di luar negeri. Dalam bermacam-macam sekala (besar atau kecil), demonstrasi bukan hal guah lagi bagi negara-negara Eropa. Demonstrasi yang mereka lakukan sudah barang tentu tidak didorong oleh kondisi perut yang lapar karena mereka pada umumnya dalam kondisi yang sangat makmur.
Perbandingan yang cukup kontras dengan melihat insiden terbaru di Kora Utara. Kondisi sosial ekonomi masyarakat negaranya sangat jauh terbelakang. Kemiskinan menjadi pemandangan umum hampir melanda di seluruh pelosok negeri. Akan tetapi, ketika Kim Jong-Il, pimpinannya itu meninggal, tak ada upaya penggulingan kekuasaan ataupun demonstrasi untuk menuntut perubahan politik di negerinya. Padahal peluang untuk itu lebih terbuka. Justru yang terjadi kemudian hampir seluruh masyarakatnya menunduk hidmat, mengantar mayat pimpinannya ke liang lahat. Juga apabila kembali melihat kondisi masyarakat di negeri ini. Kemiskinan sangat erat di pinggiran kota dan di sudut-sudut desa di banyak sekali
pelosok. Akan tetapi, mereka jarang melaksanakan demonstrasi: spesialuntuk satudua peristiwa. Justru yang jauh  lebih getol melaksanakan hal itu ialah masyarakat yang tinggal pusat-pusat kota, yang secara umum mereka lebih makmur.
melaluiataubersamaini fakta-fakta semacam itu, nyatalah bahwa kemiskinan bukanlah penyebab utama untuk terjadinya gelombang demonstrasi. Akan tetapi, fenomena tersebut lebih disebabkan oleh kemampuan berpikir kritis dari masyarakat masyarakat. Mereka tahu akan hak-haknya, mengerti pula bahwa di sekitarnya sudah terjadi pelanggaran dan kesewenang-wenangan. Mereka kemudian melaksanakan protes dan memberikan sejumlah tuntutan.
Apabila faktor-faktor itu tidak ada di dalam diri mereka, apapun yang terjadi di sekitarnya, mereka akan ibarat kerbau dicocok hidung: manggutmanggut dan berkata “ya”  pada apapun tindakan dari impinannya meskipun menyimpang, dan bahkan menzalimi mereka sendiri.
(Sumber: Kosasih).

Teks di atas terdiri atas paragraf-paragraf yang ialah paparan wacana akhir alasannya maraknya demonstrasi di tengah-tengah masyarakat. Teks itu pun sanggup dikelompokkan sebagai teks eksplanasi. Dari teks semacam itu dibutuhkan para pembaca sanggup memahami proses berlangsungnya suatu insiden yang bersifat kausalitas dengan sejelasjelasnya.
Dalam teks eksplanasi, penulis memakai banyak fakta yang fungsinya sebagai penyebab atau akhir terjadinya suatu peristiwa. Bahkan, sanggup dikatakan bahwa teks eksplanasi hampir tiruananya berupa fakta.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan kembali paragraf pertama di atas. Paragraf tersebut dibuat oleh empat buah kalimat yang tiruananya berupa fakta .

Kalimat
Keterangan
1. Kondisi sosial ekonomi masyarakat negaranya sangat jauh terbelakang. Kemiskinan menjadi pemandangan umum hampir melanda di seluruh
pelosok negeri. Akan tetapi, ketika Kim Jong Il, pimpinannya itu meninggal, tak ada upaya penggulingan kekuasaan ataupun demonstrasi untuk menuntut perubahan politik di negerinya. Padahal peluang untuk itu lebih terbuka. Justru yang terjadi kemudian hampir seluruh masyarakatnya menunduk hidmat, mengantar mayat pimpinannya ke liang lahat.
fakta
2. Juga apabila kembali melihat kondisi masyarakat di negeri ini. Kemiskinan sangat erat di pinggiran kota dan di sudut-sudut desa di banyak sekali pelosok. Akan tetapi, mereka jarang melaksanakan demonstrasi: spesialuntuk satu-dua peristiwa. Justru yang jauh lebih getol melaksanakan hal itu ialah
masyarakat yang tinggal pusat-pusat kota, yang secara umum mereka lebih makmur.
fakta

misal 2
Kalau memang sudah terkena guamia, jenis-jenis asupan alamiah ibarat dari makanan, sudah tak simpel lagi. Ini disebakan, masakan berzat besi perlu dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan itu tak memungkinkan. Makanya, asupan zat besi perlu dimenambahkan hingga guamianya terkoreksi.. Biasanya, mereka merasa kembali sehat ketika sehari-dua setelah mengkonsumsi asupan zat besi. Namun, itu menghilangkan gejalanya saja. Padahal, penyakitnya masih ada sewaktuwaktu bisa muncul kembali. Oleh karena itu, semoga guamia terkoreksi, dibutuhkan zat besi yang cukup sebagai cadangan di dalam tubuh. Cadangan zat besi itu mempunyai kegunaan untuk mengganti sel darah merah yang hilang. Biasanya, asupan itu terus dikonsumsi selama satu-tiga bulansampai guamianya terkoreksi betul.
Teks tersebut tergolong ke dalam bentuk teks eksplanasi. Di dalamnya tergambar suatu paparan proses. Teks tersebut memaparkan secara kausalitas wacana proses penyembuhan penyakit guamia. Pembacanya pun memperoleh pemahaman yang sangat terang wacana cara-cara penyembuhan penyakit itu. melaluiataubersamaini teladan di atas, teks yang menerangkan suatu proses, urutan acara yang bersifat  kausalitas, sanggup digolongkan ke dalam teks eksplanasi.

2. Struktur Teks Ekplanasi

Teks eksplanasi mempunyai struktur baku sebagaimana halnya jenis teks lainnya. Sesuai dengan karakteristik umum dari isinya, teks eksplanasi dibuat oleh bagian-bagian diberikut.
a. Identifkasi fenomena (phenomenon identifcation), mengidentifkasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya. Bagian ini disebut juga dengan pernyataan umum.
b. Penggambaran rangkaian insiden (explanation sequence), memerinci proses insiden yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
1) Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
2) Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan kekerabatan alasannya akibat.

Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.
3) Ulasan (review), berupa komentar atau evaluasi wacana konsekuensi atas insiden yang dipaparkan sebelumnya. Bagian ini disebut juga dengan iterpretasi.


misal teks eksplanasi dan analisis strukturnya

Kebakaran Hutan

       Kebakaran hutan ialah insiden di mana wilayah yang mempunyai banyak flora lebat (pohon), semak belukar, paku-pakuan, rumput, dan lain-lain atau yang dikenal hutan mengalami perubahan bentuk yang disebabkan oleh aktifitas pembakaran secara besar-bemasukan. Kebakaran hutan ialah suatu keadaan dimana hutan di landa api sehingga memdiberi dampak negatif maupun positif. Berdasarkan fakta yang ada dampak negatif kebakaran hutan jauh lebih mendominasi dari pada dampak positifnya.

        Faktor penyebab terjadinya kebakaran hutan ada dua macam yaitu faktor alam dan faktor manusia. Kebakaran hutan yang terjadi karena faktor alam sering disebabkan oleh trend kemarau berkepantidakboleh, sambaran petir. dan aktifitas vulkanik yang biasanya mengeluarkan lahar dan awan gerah yang sanggup mengakibatkan terjadinya kebakaran. Kebakaran di bawah tanah (Ground Fire) juga termasuk faktor alam karena pada kawasan tanah gambut yang sanggup menyulut kebakaran diatas tanah pada dikala trend kemarau ketika cuaca sedang gerah-gerahnya.

       Kebakaran hutan di Indonesia, hampir 95 persen kebakaran hutan di sebabkan oleh ulah manusia. Faktor insan  sering kali dilakukan dengan unsur kesengajaan oleh insan ibarat kelalaian memmembuang putung rokok, memperabukan hutan dalam rangka pembukaan lahan, api unggun yang lupa dimatikan atau tidak benar-benar mati dikala ditinggalkan, pembakaran sampah, dan banyak sekali kelalaian lainnya. Kebakaran jenis ini sering terjadi di hutan-hutan di pegunungan-pegunungan yang sering dikunjungi pecinta alam (pendaki pegunungan) di pulau Jawa ibarat kebakaran hutan dipegunungan sindoro pada september 2015.

       Kebakaran hutan berdamapak kegundulan hutan yang bisa mengakibatkan tanah longsor dan banjir menerjang yang di karenakan kegundulan hutan.

       Kebakaran hutan selalu membawa kerusakan besar bagi lingkungan, ekosistem alam, dan korban manusia. Kerusakan lingkungan, contohnya kekeenteng karena berkurangnya sumber daya air, pencemaran udara, dan emisi gas CO2 ke atnosfer yang mengakibatkan hujan asam. Kerusakan ekosistem alam, contohnya musnahnya satwa dan flora yang hidup didalam hutan. Kadangkala terjadi korban jiwa karena terinfeksi di akses pernapasan dan biasanya terkena kanker paru-paru terutama untuk yang berusia  lanjut dan bawah umur yang menghirup udara yang sudah terkontamisai oleh asap kebakaran hutan.
       melaluiataubersamaini kesadaran pribadi, kita harus menjaga hutan semoga tidak terjadi kebakaran. Kita bisa mencegah kebakaran hutan dengan cara tidak memmembuang barang yang mudah terbakar di hutan (putung rokok), tidak memperabukan hutan untuk pembukaan lahan dan segera mematikan api yang sudah tidak digunakan lagi. melaluiataubersamaini begitu kita sudah ikut berpartisipsi melestarikan hutan.

Penjelasan

Paragraf pertama tersebut ialah serpihan identifikasi fenomena atau pernyataan umum.

Paragraf kedua hingga dengan kelima ialah serpihan penggambaran rangkaian insiden atau deretan penjelas. Paragraf keenam ialah serpihan ulasan atau iterpretasi.

3. Menelaah Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi
Kaidah kebahasaan teks eksplanasi  antara lain sebagai diberikut. 
a. Banyak memakai kata yang bermakna denotatif.

b.. Banyak memakai konjungsi kausalitas ataupun kronologis.

1) Konjungsi kausaltias, antara lain, sebab, karena, oleh alasannya itu, oleh karena itu, sehingga.
2) Konjungsi koronologis (hubungan waktu), ibarat kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.

c. Banyak memakai keterangan waktu pada kalimat-kalimatnya.
Berikut contohnya.
Pada bulan keempat
, muka sudah kian tampak ibarat manusia. Dalam bulan kelima rambut-rambut mulai tumbuh pada kepala. Selama bulan keenam, alis dan bulu mata timbul. Sesudah tujuh bulan, fetus ibarat kulit orangtua dengan kulit merah berkeriput. Selama bulan kedelapan dan kesembilan, lemak ditimbun di bawah kulit sehingga perlahan-lahan menghilangkan sebagian keriput pada kulit. Kaki membulat. Kuku keluar pada ujung-ujung jari. Rambut orisinil rontok dan terus menjadi tepat dan siap dilahirkan.

d. Banyak memakai kata ganti benda, baik konkret ataupun abstrak, ibarat demonstrasi, banjir, gerhana, embrio, kesenian daerah; dan bukan kata ganti orang, ibarat ia, dia, mereka. Oleh karena objek yang dijelaskannya itu berupa fenomena, tidak berbentuk personal (nonhuman participation),

e. Banyak memakai kata kerja pasif. Seperti kata terlihat, terbagi, terwujud, terakhir, dimulai, ditimbun, dan dilahirkan.

f. Banyak memakai kata teknis atau peristilahan, sesuai dengan topik yang dibahasnya. Apabila topiknya wacana kelahiran, istilah-istilah biologi yang muncul. Demikian pula apabila topiknya wacana kesenian daerah, istilah-istilah budaya yang banyak digunakan. Apabila topiknya wacana fenomena kebaikan BBM, maka istilah ekonomi dan sosial yang akan banyak muncul.

4. Menulis Teks Eksplanasi Berdasarkan Struktur dan Kebahasaan
Hal penting yang perlu menerima perhatian utama dalam menyusun teks eksplanasi adalah
bahwa teks eksplanasi ialah teks yang menerangkan proses terjadinya suatu fenomena, baik
itu berkenaan dengan alam, budaya, ataupun sosial. Adapun pengembangannya bisa berpola
kronologis ataupun kausalitas.
Teks eksplanasi tergolong ke dalam genre faktual. Oleh karena itu, topik-topik yang dipilih haruslah berupa topik yang sanggup memperluas wawasan ataupun pengetahuan pembacanya
wacana suatu proses. Adapun yang dimaksud dengan proses ialah suatu urutan dari suatu
insiden atau peristiwa. Paparannya harus berdasarkan fakta ataupun pendapat-pendapat yang
benar; bukan hasil imajinasi, rekaan, ataupun sesuatu yang bersifat fiktif.
Hal lain yang harus diperhatikan di dalam penulisan teks eksplanasi ialah hubungan
antarbagiannya yang berupa peristiwa. Pola kekerabatan antarperistiwa itu disusun dalam bentuk
kronologis ataupun alasannya akibat. Bentuknya ditetapkan dengan konjungsi yang digunakannya
sebagai diberikut.
a. Hubungan kronologis: kemudian, sebelumnya, sesudahnya, lalu, bahkan, selanjutnya,
akhirnya.
b. Hubungan alasannya akibat: sebab itu, oleh karena.
Untuk menyusun kedua pola itu, langkah-langkahnya ialah sebagai diberikut.
1) Penulis harus mengetahui perincian-perincian secara menyeluruh.
2) Penulis harus membagi proses tersebut atas tahap-tahap kejadiannya.
3) Penulis menerangkan setiap urutan itu ke dalam detail-detail yang tegas sehingga pembaca
sanggup melihat seluruh proses itu dengan terang (Kosasih, 2014: 191)
Adapun langkah-langkah penyususannya ialah sebagai diberikut.
a. Menentukan satu fenomena insiden alam atau sosial budaya
Misalnya, insiden alam gempa bumi
b. Mendafar topik- topik yang sanggup dikembangkan menjadi teks eksplanasi
misal:
1) pengertian gempa bumi
2) proses terjadinya gempa bumi
3) akhir gempa bumi
4) penyebab gempa bumi
5) gempa bumi vulkanik dan tektonik

6) waktu terjadinya gempa
7) kawasan yang terkena gempa
8) yang harus dilakukan untuk menghadapi gempa bumi
9) yang harus dilakukan dikala terjadinya gempa
c. Menyusun kerangka teks, yakni dengan menomori topik-topik itu sesuai dengan struktur baku dari teks ekspalanasi, yang paragraf-paragrafnya sanggup disusun secara kausalitas atau kronologis.

Dalam tahap ini, sanggup saja membuat topik yang kita anggap tidak sesuai atau menggantinya dengan topik yang lain.


Struktur Teks eksplanasi
Topik-Topik
1) Identifkasi fenomena
a) pengertian gempa bumi
b) daerah/tempat terjadinya gempa.
c) macam gempa bumi
2) Proses insiden
a) proses terjadinya gempa tektonik
b) proses terjadinya gempa vulkanik
c) akhir gempa
3) Ulasan
a) simpulan waktu terjadinya gempa
b) tindakan persiapan menghadapi gempa
c) tindakan dikala terjadi gempa

Adapun pengembangan paragrafnya, kita sanggup menyusun kerangka ibarat diberikut.
misal:

1.         pengertian gempa bumi

2.         daerah/tempat terjadinya gempa.

3.         macam gempa bumi

4.         proses terjadinya gempa tektonik

5.         proses terjadinya gempa vulkanik

6.         akibat gempa

7.         simpulan waktu terjadinya gempa

8.         tindakan persiapan menghadapi gempa

9.         tindakan dikala terjadi gempa.

d. Pengumpulan data

Dalam hal ini kita bisa melakukannya dengan membaca banyak sekali referensi, melaksanakan observasi, dan wawancara.

e. Mengembangkan kerangka yang sudah disusun menjadi teks eksplanasi yang lengkap dan utuh, dengan memperhatikan struktur bakunya: identifkasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan. Dalam tahap ini kita harus menjadikan topik-topik itu menjadi kalimat yang jelas. Kita pun sanggup saja membuat kalimat yang fungsinya sebagai pengikat, ibarat konjungsi-konjungsi yang biasa digunakan dalam teks eksplanasi, sehingga kalimat-kalimat itu terjalin secara lebih kompak dan padu.
Berikut teladan pengembangan paragraf untuk teks eksplanasi.

Gempa Bumi

Gempa bumi ialah getaran atau goncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan kerikil bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu sering terjadi di kawasan yang berada dekat dengan pegunungan berapi dan juga di kawasan yang dikelilingi lautan luas.

            Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi sanggup digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Teori “Tektonik Plate” meliputi klarifikasi bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar kawasan lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, ibarat halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lain, itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan pegunungan berapi yang sangat dahsyat. Sehingga tanah di sekitar pegunungan bergetar bahkan getarannya hingga terasa jauh, hal itu menjadi alasannya gempa vulkanik. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jikalau dibandingkan dengan gempa tektonik.

Peristiwa gempa bumi yang terjadi begitu cepat sanggup mengakibatkan dampak yang sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat berpengaruh dan merambat ke segala arah sehingga sanggup menghancurkan bangunan dan mengakibatkan korban jiwa.

melaluiataubersamaini demikian sanggup disimpulkan bahwa gempa sanggup terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Mesikpun demikian, serius gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, ibarat pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyaknya pegunungan berapi. Salah satu tindakan yang sanggup dilakukan oleh individu/masyarakat sebelum terjadi gempa ialah mengetahui jalan yang paling kondusif untuk meninggalkan rumah jikalau terjadi gempa. Sedangkan dikala terjadi gempa ialah menjauhi jendela kaca, kompor atau peralatan rumah tangga yang mungkin akan jatuh.

f.     Menyunting teks eksplanasi yang ditulis kawan. Tujuannya untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan yang mungkin ada dalam teks itu, contohnya berkenaan dengan
1) isi teks,
2) struktur,
3) kaidah kebahasaan, dan
4) ejaan/tanda bacanya.

Rujukan

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

BACA JUGA
MATERI PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=materi-pembelajaran-teks-prosedur

Tag : PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Materi Pembelajaran Teks Eksplanasi"

Back To Top