loading...
Baca juga RPP LENGKAP KELAS X, XI, XII KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah | : Sekolah Menengan Atas |
Mata Pelajaran | : Bahasa dan Sastra Indonesia |
Kelas/Semester | : X1/Ganjil |
Materi Pokok | :Teks Prosedur |
Alokasi Waktu | : 6 x 45 Menit (2X pertemuan) |
A. Kompetensi Inti
K1 | Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya. |
K2 | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai cuilan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
K3 | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah |
K4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3 | |
3.1 Mengonstruksi warta berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme | Indikator Pencapaian Kompetensi 3.1.1 menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan 3.1.2 menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan |
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4 | |
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis | Indikator Pencapaian Kompetensi 4.1.1 mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan. 4.1.2 menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan. |
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik penerima didik sanggup mengambarkan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara verbal dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawaban, bersikap berteman dekat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi
Struktur teks prosedur:
· Pernyataan Umum
· Tahapan-tahapan
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawaban, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan warta dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipelajari,metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mengamati dua pola teks mekanisme 2. Peserta didik mengidentifikasi dua pola teks mekanisme bersama-sama Menanya 1. Peserta didik bertanya tanggapan tentang bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur 2. Peserta didik memdiberi komentar terhadap bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur Menalar 1. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur. 3. Peserta didik secara berkelompok mencari pola teks mekanisme lain dari banyak sekali sumber. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks mekanisme yang dipilih. 2. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks mekanisme yang dipilih. 3. Peserta didik mencoba menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan dalam teks prosedur. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain mempersembahkan komentar dan masukan atas penampilan kawannya. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama penerima didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memdiberikan kiprah kepada penerima didik untuk banyak membaca teks mekanisme lainnya dan menentukan satu teks mekanisme untuk diidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan berguru mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan warta dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi perihal hal-halyang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mengamati video “langkah-langkah membuat slime”. 2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan. Menanya 1. Peserta didik bertanya tanggapan tentang video “langkah-langkah membuat slime”. 2. Peserta didik memdiberi komentar terhadap video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan. Menalar 1. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dalam video. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan sesuai dengan video yang diamati. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik secara berkelompok mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara verbal dengan memperhatikan intonasi dan lainnya. 2. Peserta didik yang lain mempersembahkan komentar dan masukanatas penampilan kawannya. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama penerima didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memdiberikan kiprah kepada penerima didik untuk membawa pola lain dari teks mekanisme baik dari koran, majalah atau buku sumber lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur. 4. Menutup kegiatan berguru mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : TesTertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian danlembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar evaluasi presentasi
d. Portofolio : pedoman evaluasi portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD-nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila sehabis 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk kiprah tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan didiberikan pembelajaran pengayaan sebagai diberikut:
a. Siswa yang mencapai nilai didiberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai didiberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN MATERI TEKS PROSEDUR
TEKS PROSEDUR
A. misal
Kiat Berwawancara Kerja
Bagi perusahaan, wawancara ialah peluang untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya tanggapan antara pewawancara dengan
calon.
Agar simpel dipahami oleh kawan bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga biar kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga bunyi biar terang terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara bunyi yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara biar kita sanggup memerikan jawabanan yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, tidakboleh melakukannya terlalu sering sebab justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa badan pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal menyerupai mengangguk atau sikap badan yang agak condong ke depan menyampaikan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, sebab kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.
Singkatnya, akan lebih baik jikalau kita bisa menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh sebab itu, hindari bahasa badan yang sanggup diartikan negatif, menyerupai menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Teknik berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong sanggup menarikdanunik minat pewawancara.
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong sanggup menarikdanunik minat pewawancara.
Pada ketika berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terserius, namun tetap menarikdanunik. Kita dibutuhkan bisa menyampaikan bahwa kita yaitu orang yang sempurna untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengKoreksi atasan atau rekan kerja sebelumnya sebab ini menyampaikan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba menyampaikan sesuatu yang berdasarkan kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan mempersembahkan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut spesialuntuklah karangan. Tunjukkan bahwa kita bisa mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengKoreksi atasan atau rekan kerja sebelumnya sebab ini menyampaikan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba menyampaikan sesuatu yang berdasarkan kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan mempersembahkan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut spesialuntuklah karangan. Tunjukkan bahwa kita bisa mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
Pewawancara biasanya mempersembahkan peluang kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di selesai wawancara. Gunakanlah peluang ini secara elegan dengan cara menyampaikan rasa ingin tahu kita tentang lingkup dan deskripsi kiprah posisi yang dilamar, peluang pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, sebab bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang sempurna menyampaikan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan terkena penghasilan dan tuntidakboleh. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang bisa menentukan nominal penghasilan yang ia harapkan, sebab dianggap sanggup melaksanakan evaluasi atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka peluang untuk negosiasi.
melaluiataubersamaini persiapan matang dan unjuk diri yang baik ketika wawancara, kita sudah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang sempurna menyampaikan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan terkena penghasilan dan tuntidakboleh. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang bisa menentukan nominal penghasilan yang ia harapkan, sebab dianggap sanggup melaksanakan evaluasi atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka peluang untuk negosiasi.
melaluiataubersamaini persiapan matang dan unjuk diri yang baik ketika wawancara, kita sudah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
B. Pengertian
Teks mekanisme yaitu Teks yang meliputi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam melaksanakan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu sanggup terealisasi dengan baik dan berhasil..
C. Fungsi
Teks mekanisme berfungsi untuk menerangkan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam melaksanakan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu sanggup terealisasi dengan baik.
D. Struktur
Teks mekanisme dibuat oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan ialah pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada pola teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, penlampauan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang dimasukankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa cita-cita ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)
Teks mekanisme dibuat oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan ialah pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada pola teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, penlampauan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang dimasukankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa cita-cita ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)
E. Aspek kebahasaan
Berikut aspek kebahasaan teks prosedur.
1. Banyak memakai kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibuat oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.
kerja imperatif dibuat oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.
Bentuk dasar | Imbuhan/Partikel | Bentukan Kata |
perhati | -kan | perhatikan |
pasti | -kan | pastikan |
tunjuk | -kan | tunjukkan |
cerita | -kan | ceritakan |
hindar | -i | hindari |
jadi | -lah | jadilah |
2. Banyak memakai kata-kata teknis yang berkaitan dengan topic yang dibahasnya.
3. Banyak memakai konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak memakai pernyataan persuasif
5. Apabila mekanisme itu berupa resep dan petunjuk penerapan alat, akan digunakan citra terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : Sekolah Menengan Atas …….
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO | WAKTU | NAMA | KEJADIAN/ PERILAKU | BUTIR SIKAP | POS/ NEG | TINDAK LANJUT |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
2 | ||||||
7 | ||||||
8 | ||||||
9 | ||||||
10 | ||||||
11 |
Satuan Pendidikan | : | SMA ……… | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.1 | Mengonstruksi warta berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
Indikator | : | 3.1.1 | Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan |
3.1.2 | Menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan | ||
Materi | : | Teks Prosedur |
misal Tugas:
Jawablah pertanyaan diberikut! | |
1. | Mengapa cuilan atas dinamakan “penjelasan umum”? |
2. | Apakah tahapan-tahapan pada cuilan selanjutnya sudah jelas? |
3. | Apakah perbedaan utama teks mekanisme dengan jenis teks lainnya? |
4. | Dari isinya, menerangkan tentang apakah teks mekanisme tersebut? |
5. | Bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur? |
6. | Berdasarkan isinya, apa fungsi teks mekanisme i |
7. | Kemukakanlah sebuah pola teks mekanisme yang engkau temukan dari koran atau majalah! |
Jawablah pertanyaan diberikut! | |
1. | Bacalah kembali kedua teks berjudul “cara menghidupkan komputer”dan “cara mematikan komputer”! manakah bagian-bagian yang termasuk ke dalam penyataan umum dan tahapan-tahapan melaksanakan suatu kegiatan? |
2. | Carilah bacaan atau buku tentang perintah melaksanakan suatu kegiatan. Catatlah langkah-langkahnya. Kemudian, simpulkan berdasarkan pendapatmu sehingga engkau memahami makna langkah-langkah tersebut! |
INSTRUMEN PENUGASAN2
Satuan Pendidikan | : | SMA ………… | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 4.1 | Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis |
Indikator | : | 4.1.1 | Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan |
4.1.2 | Menuliskan pernyataan umum dan tahapan | ||
Materi | : | Teks Prosedur |
misal Tugas:
1. Identifikasilah teks mekanisme di atas berdasarkan format tabel diberikut!
2. Dari isinya menerangkan tentang apakah teks mekanisme itu? 3. Temukan kata kerja imperatif pada teks mekanisme di atas! 4. Temukan enam konjungsi pada teks mekanisme tersebut! 5. Temukan pernyataan persuasif pada teks mekanisme di atas! 6. Berikanlah tanggapan dengan bahasamu sendiri pada teks tersebut? 7. Tuliskan kembali isi teks mekanisme tersebut dengan memakai bahasamu sendiri secara singkat dan jelas! |
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan : ...............................................................
No | Kategori | Skor | Alasan |
1. | 1. Apakah teks prosedur yang ditulis lengkap? | ||
2. | 3. Apakah terdapat uraian tentang struktur prosedur? | ||
3. | Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan Ekaidah PUEBI? | ||
4. | Apakah terdapat pernyataan umum? | ||
5. | Apakah terdapat tahapan-tahapan? | ||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan | : | SMA …………….. | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.1 | Mengonstruksi warta berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
Indikator | : | 3.1.1 | Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan |
3.1.2 | Menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan |
Tes Tertulis
Disediakan dua teks prosedur
1. Identifikasilah pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
2. Tuliskan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme tersebut
3. Kemukakan komentarmu terhadap kedua teks prosedur tersebut
Tertulis (soal HOTS)
1. Identifikasilah teks mekanisme dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur!
2. Buatlah rancangan teks mekanisme dengan memuat pernyataan umum dan tahapan-tahapannya!
3. Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan kawan-kawanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | Peserta didik mengidentifikasi isi teks mekanisme dengan sangat tepat | 4 |
Peserta didik mengidentifikasi isi teks mekanisme dengan tepat | 3 | |
Peserta didik mengidentifikasi isi teks mekanisme dengan kurang tepat | 2 | |
Peserta didik mengidentifikasi isi teks mekanisme dengan tidak tepat | 1 | |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
2 | Peserta didik menulis tahapan teks mekanisme sangat tepat | 4 |
Peserta didik menulis tahapan teks mekanisme tepat | 3 | |
Peserta didik menulis tahapan teks prosedurkurang tepat | 2 | |
Peserta didik menulis tahapan teks mekanisme tidak tepat | 1 | |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
3 | Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat | 4 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat | 3 | |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat | 2 | |
Pesertad idik mengemukakan komentar dengan tidak tepat | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan | : | SMA ………… | ||
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | ||
Kelas | : | XI | ||
Materi | : | Menganalisis dan memerankan obrolan prosedur | ||
Kompetensi dasar | : | 4.1 | Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis | |
Indikator | : | 4.1.1 | Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan. | |
4.1.2 | Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan |
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Buatlah sebuah teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.
2. Identifikasilah teks tersebut sesuai dengan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.
2. Rubrik Penilaian
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | Peserta didik menciptakan teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannyasangat sesuai isi teks | 4 |
Peserta didik menciptakan teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya sesuai isi teks | 3 | |
Peserta didik menciptakan teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya kurang sesuai isi teks | 2 | |
Peserta didik menciptakan teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya tidaksesuaiisiteks | 1 | |
2 | Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik | 4 |
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur lengkapdansesuaidengantopik | 3 | |
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur kurang lengkap dan kurang dengantopik | 2 | |
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan Pendidikan | : | SMA …………… | ||
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | ||
Kelas | : | XI | ||
Materi | : | Menganalisis Teks prosedur | ||
Kompetensi dasar | : | 3.1 | Mengonstruksi warta berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur | |
4.1 | Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis | |||
Indikator | : | 3.1.1 | Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan | |
3.1.2 | Menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan | |||
4.1.1 | Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan. | |||
4.1.2 | Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan |
Tugas I
1. Simpan setiap kiprah yang didiberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap kiprah yang sudah didiberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan kiprah yaitu di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI | SKOR MAKSIMAL |
Peserta didikmenyimpan tiruana kiprah yang sudah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan sempurna waktu | 4 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan sempurna waktu | 3 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan sempurna waktu | 2 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan sempurna waktu | 1 |
Peserta didiktidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang didiberikan sebab tidak pernah mengumpulkan kiprah | 0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018/2019
No | Nama Peserta didik | Tugas KD | Nilai | Tanda Tangan | Ket. (Tgl Pengumpulan) | |
Peserta Didik | Guru | |||||
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kelas/ Semester | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | 3.1 Mengonstruksi warta berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur | Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan | XI/1 | Disajikan teks prosedur, penerima didik sanggup menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan | C4 | Uraian | 1 |
2 | Menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan | XI/1 | Disajikan teks prosedur, penerima didik sanggup menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan | C5 | uraian | 2 | |
3 | 4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis | Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan. | XI/1 | Disajikan teks mekanisme peserta didik sanggup mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan. | C2 | uraian | 3 |
4 | Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan | XI/1 | Disajikan teks mekanisme peserta didik sanggup menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan. | C5 | uraian | 4 | |
5 | Mengomentari teks prosedur | XI/1 | Disajikan video perihalprosedurpeserta didik dapat mempersembahkan solusi terhadap pertanyaan teks mekanisme dengan benar | C2 | uraian | 5 |
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1(satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar | : | Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
Materi | : | Teks prosedur |
Indikator Soal Nomor 1 | : | Disajikan teks prosedur, penerima didik sanggup menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dengan benar |
Indikator Soal Nomor 2 | : | Disajikan teks prosedur, penerima didik sanggup menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatandengan benar |
Indikator Soal Nomor 3 | : | Disajikan teks mekanisme peserta didik sanggup mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan dengan jelas. |
Indikator Soal Nomor 4 | : | Disajikan teks mekanisme peserta didik sanggup menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan benar. |
Indikator Soal Nomor 5 | : | Disajikan video perihal mekanisme peserta didik dapat mempersembahkan solusi terhadap pertanyaan teks prosedurdengan benar |
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
BACA JUGA
POWERPOINT MATERI AJAR TEKS PROSEDUR
KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
BACA JUGA
POWERPOINT MATERI AJAR TEKS PROSEDUR
KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
RPP LENGKAP BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS XI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Tag :
RPP 2018/2019
0 Komentar untuk "Rpp Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 1 Edisi Revisi 2018 Lengkap Ppk, Literas, 4C, Hots, Pembelajaran Kurun 21"