: Pembahasan Soal Un Smp/Mts Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2017/2018 Nomor 8: Ringkasan Teks

loading...





8. Bacalah teks diberikut

Karakter yakni kunci keberhasilan individu. Karakter ialah nilai-nilai sikap insan yang berafiliasi dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan. Hal tersebut terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan. Perbuatan atau sikap insan tersebut menurut norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan etika istiadat.

Pendidikan abjad penting bagi pelajar. Pendidikan abjad tidak spesialuntuk diterapkan di sekolah, tetapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan abjad tidak spesialuntuk anak usia dini sampai remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan abjad penting bagi pelajar alasannya berkhasiat untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudakah kalian menyadari?

Ringkasan teks tersebut yakni …

A. Kunci keberhasilan individu yakni pendidikan abjad yang diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial.

B. Karakter yakni kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar pada usia dini sampai remaja.

C. Pendidikan abjad diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial alasannya kunci keberhasilan.

D. Karakteristik yakni kunci keberhasilan individu sehingga pendidikan abjad penting bagi pelajar.

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Ringkasan yakni hasil meringkaskan; ikhtisar; kependekan dongeng (https://kbbi.web.id/ringkas). Ringkasan ialah penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap penggalan bacaan aslinya.

Ringkasan yang tepat menurut teks tersebut yakni pilihan jawabanan D. Teks tersebut menandakan bahwa abjad yakni kunci keberhasilan individu dan pentingnya pendidikan karakter.

Jawaban D tepat alasannya kalimat tersebut berupa ringkasan dan isinya mencakup beberapa aspeki ide-ide pokok teks secara lengkap. Jawaban B dan C bukanlah ringkasan,  tetapi kalimat yang terdapat pada teks. Jawaban A kurang tepat alasannya isi kalimatnya tidak sesuai dengan teks.

RINGKASAN MATERI

PENGERTIAN RINGKASAN DAN LANGKAH-LANGKAH MERINGKAS TEKS

A.  Pengertian Ringkasan

Ringkasan yakni hasil meringkaskan; ikhtisar; kependekan dongeng (https://kbbi.web.id/ringkas). Ringkasan ialah penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap penggalan bacaan aslinya.

Ringkasan disusun untuk mempergampang dan mempercepat seseorang memahami isi pokok teks.

B.  Langkah-Langkah Meringkas Isi Teks Nonsastra

Langkah-langkah meringkaskan teks yakni sebagai diberikut.

1.      Membaca secara cermat seluruh teks orisinil untuk menangkap seluruh informasi teks.

Membaca goresan pena orisinil terkadang tidak cukup spesialuntuk dilakukan satu kali, tetapi harus dilakukan berkali- kali. Membaca seluruh teks orisinil bertujuan menemukan kalimat/ wangsit pokok mana yang harus diambil dan dijadikan ringkasan. Membaca goresan pena orisinil juga sanggup memmenolong pembuat ringkasan dalam mengambil tamat dan intisari teks.

2.      Menuliskan gagasan atau ide-ide pokok teks.

Pada dikala membaca seluruh teks, pembuat ringkasan harus mencatat dan menuliskan ide-ide pokok atau gagasan utama paragraf. Ide-ide pokok inilah yang menjadi materi untuk membuat ringkasan.

3.      Menyusun ide-ide pokok paragraf menjadi ringkasan teks.

Sesudah mencatat ide-ide pokok paragraf, pembuat ringkasan sanggup merangkai dan menyusun ringkasan menurut ide-ide pokok tersebut menjadi paragraf gres yang lebih singkat dari goresan pena aslinya.

misal Ringkasan

Batuk sebenarnya bukan penyakit refleks, alasannya mengalami rangsangan udara yang berpolusi,  asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau belum sempurnanya udara. Batuk juga dapat  terjadi  karena jalan masuk pernapasan atau paru-paru terkena nanah kuman-kuman tertentu. Udara dingin  atau lembab sanggup juga membuat orang batuk atau bersin.

Obat batuk yang dijual di pamasukan bebas umumnya terdiri atas obat atau adonan obat yang  mengandung materi yang sanggup mengeluarkan lendir atau riak semoga jalan masuk pernapasan membersihkan dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu, Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.

Ringkasan teks tersebut yang tepat yakni ...

A.  Penyakit batuk dikarenakan rangsangan udara yang tidak berpolusi, asap rokok, gas yang merangsang atau belum sempurnanya udara terinfeksi, maka barus diobati dengan ekspektoran.

B.  Pengaruh batuk itu terjadi alasannya asap pabrik, gas asap rokok, udara yang berpolusi, sehingga jalan masuk paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut sanggup dibeli di pasar bebas.

C.  Batuk terjadi alasannya polusi udara, asap pabrik, rokok, bau-bauan, gas, belum sempurnanya udara jalan masuk pernapasan. Batuk sanggup diobati dengan ekspektoran.

D.  Terjadinya penyakit batuk alasannya polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, belum sempurnanya udara. Namun, tiruana sanggup diobati dengan obat-obat altematif yang dijual di pamasukan bebas.


BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.


2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa








Tag : UN SMP
0 Komentar untuk ": Pembahasan Soal Un Smp/Mts Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2017/2018 Nomor 8: Ringkasan Teks"

Back To Top