loading...
Cermati paragraf diberikut untuk menjawaban soal nomor 15 s.d. 17!
(1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakan roda perindustriannya. (4) Kalau dituliskan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum hingga membuat kita sesak nafas. 16. Tujuan penulisan paragraf tersebut ialah . . .
A. Mengimbau biar perindustrian menjaga keseimbangan penerapan oksigen.
B. Menggambarkan betapa besar penerapan oksigen oleh industry.
C. Menginformasikan kebutuhan jumlah oksigen yang oleh perindustrian.
D. Mengingatkan perindustrian biar menghemat oksigen.
E. Menginformsikan bahwa perindustrian sudah boros dalam penerapan oksigen.
Kunci Jawaban: A
Tujuan penulis teks sanggup disimpulkan dari isi teks. Tujuan penulisan paragraf tersebut ialah mengimbau biar perindustrian menjaga keseimbangan penerapan oksigen. Kalimat yang meliputi imbauan ialah kalimat nomor (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara.
TUJUAN PENULISAN TEKS
Tujuan penulis pada suatu teks sanggup disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Berikut ini disajikan genre teks dan fungsi teks.
MATERI KURIKULUM 2006 JENIS PARAGRAF DESKRIPSI, EKSPOSISI, PERSUASI, ARGUMENTASI, NARASI
NO | DEFINISI | JENIS TEKS |
1 | Karangan yang bertujuan mempersembahkan citra atau kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. melaluiataubersamaini karangan ini, pembaca sanggup dibentuk seperti melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam insiden yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi. |
|
2 | Karangan yang bertujuan mengisahkan atau menceritakan. Dalam karangan ini insiden biasanya disusun berdasarkan urutan waktu ( kronologis), mempunyai tokoh, dan terdapat konflik. |
|
3 | Karangan yang bertujuan membujuk atau menyarankan. Dalam karangan ini mula-mula dipaparkan gagasan dengan alasan untuk meyakinkan pembaca, kemudian diikuti dengan ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau masukan kepada pembaca. |
|
4 | Karangan yang bertujuan memberikan suatu gagasan, ide, pendapat, konsepsi, atau opini penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca atas kebenaran gagasan itu. |
|
5 | Karangan yang bertujuan memaparkan, menerangkan, memberikan penyuluhan/informasi, mengajarkan, dan membuktikan sesuatu tanpa disertai permintaan atau desakan biar pembaca mendapatkan dan mengikutinya |
|
NO | CONTOH KARANGAN/PARAGRAF | JENIS KARANGAN |
1 | Setiap detik penduduk di bumi bertambah lima jiwa. Bisa dipastikan bahwa pertumbuhan penduduk yang demikian pesat akan menjadi kasus global.Oleh alasannya ialah itu, kita perlu mengendalikan pertambahan penduduk dan di sisi lain kita harus berusaha keras mencari penemuan-penemuan gres untuk memenuhi tuntutan kehidupan yang tak terelakkan tersebut. | persuasi |
2 | Masih ada solusi yang baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak perlu diikuti dengan pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting ialah rasionalisasi jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan wilayah fishing ground dan fishing base. | argumentasi |
3 | Ia terlentang seharian di atas trotoar gerah itu. Tubuhnya yang tinggal tulang terbalut kulit itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang sudah robek di sana sini, sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari sela-sela baju. Bau bacin menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang melebar dengan warna merah | deskripsi |
4 | Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama dengan olahraga lari. Namun, yang membedakan ialah olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah. | eksposisi |
5 | Tahun 1977 Dr. Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California, Berkeley mendapati sesuatu yang guah. Ketika sedang mereview lapisan lumpur menemukan kandungan tridium berkadar tinggi di antara pembatas dua lapisan lumpur itu. Pada tahun diberikutnya kapal peneliti AS Glomar Challenger Two juga menmukan tridium berkadar tinggi di perairan New Mexico potongan utara. | narasi |
6 | Pasar Blaura ialah pasar perbelanjaan yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di potongan terdepan berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai satu terdapat toko pakaian yang lengkap berderet-deret. Di sampaing kanan pasar terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. Di samping kiri ada pula jenis buah-buahan. | deskripsi |
7 | Hujan ialah akhir dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi ibarat laut, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di atmosphere. Kumpulan partikel – partikel ini kemudian menjadi awan dan akan tertiup oleh angin menuju daerah lainnya. Jika serius awan tersebut menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi. | eksposisi |
8 | Musim semi sudah datang dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak pegunungan secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur menunjukkan kesadaran alam | deskripsi |
9 | Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami hingga di sebuah rumah yangh sederhana ibarat rumah-rumah di sekitarnya. | narasi |
10 | Kedisiplinan kemudian lintas maakurakat di Jakarta cenderung menurun. Hal ini terbukti pada bertambahnya jumlah pelanggarannya yang tercatat di kepolisian. Selain itu, jumlah korban yang meninggal akhir kecelakaan pun juga semakin meningkat. | argumentasi |
MATERI KURIKULUM 2013 JENIS-JENIS TEKS
GENRE | TIPE TEKS | LOKASI SOSIAL |
Menggambarkan (Describing) | Laporan (Report): melaporkan informasi | Buku rujukan, dokumenter, buku panduan, laporan eksperimental (penelitian), presentasi kelompok |
Deskripsi: menggambarkan peristiwa, hal, sastra | Pengamatan diri, objek, lingkungan, perasaan, dll. | |
Menjelaskan (Explaining) | Eksplanasi: membuktikan sesuatu | Paparan, pidato/ceramah, goresan pena ilmiah (popular) |
Memerintah (Instructing) | Instruksi/ Prosedur: memberikan bgm sesuatu dilakukan | Buku panduan/ manual (penerapan), instruksi pengobatan, hukum olahraga, rencana pembelajaran (RPP), instruksi, resep, pengarahan/pengaturan |
Berargumen (Arguing) | Eksposisi: memdiberi pendapat atau sudut pandang | (MEYAKINKAN/Mempengaruhi): iklan, kuliah, ceramah/pidato, editorial, surat pembaca, artikel Koran/majalah |
Diskusi | (MENGEVALUASI suatu dilema dengan sudut pandang tertentu, 2 atau lebih) | |
Respon/ review | Menanggapi teks sastra, Koreksi sastra, resensi | |
Menceritakan (Narrating) | Rekon (Recount): menceritakan insiden secara berurutan | Jurnal, buku harian, artikel Koran, diberita, rekon sejarah, surat, log, garis waktu (time line) |
Narasi: menceritakan kisah atau nasehat | Prosa (Fiksi ilmiah, fantasi, fabel, dongeng rakyat, mitos, dll.), dan drama. | |
Puisi | Puisi, puisi rakyat (pantun, syair, gurindam) |
Sumber
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
BACA JUGA
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 TENTANG Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
BACA JUGA
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 TENTANG Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Kalimat Resensi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
2. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
3. Latar Suasana Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
4. Konflik dalam Cerpen Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
3. Latar Suasana Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
4. Konflik dalam Cerpen Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
6. Persamaan Dua Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
7. Ringkasan Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
9. Nilai dalam Cerpen Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
10.: Penilaian terhadap Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
11. Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
13. Keteladanan Tokoh dalam Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
18. Kalimat Tidak Padu Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
20. Kalimat Simpulan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
21. Menentukan inspirasi pokok paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
22. Makna Kata/Istilah Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
24. Makna Kata Lambang Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
27. Memperbaiki Kata Tidak Baku Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
29. Penulisan Nama Geografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
30. Pengembangan Topik Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
32. Penulisan Judul Karangan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
34. Kalimat Berimbuhan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
35. Melengkapi Teks Drama Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
37. Melengkapi Pantun Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
40. Memperbaiki Kalimat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks
Tag :
UN 2018/2019 SMA
0 Komentar untuk "Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun Pelajaran 2017/2018 Nomor 16: Tujuan Penulis Paragraf"