Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun Pelajaran 2017/2018 Nomor 16: Tujuan Penulis Paragraf

loading...

Cermati paragraf diberikut untuk menjawaban soal nomor 15 s.d. 17!                  
(1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakan roda perindustriannya. (4) Kalau dituliskan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum hingga membuat kita sesak nafas.   
16.   Tujuan penulisan paragraf tersebut ialah . . .

A. Mengimbau biar perindustrian menjaga keseimbangan penerapan oksigen. 
B. Menggambarkan betapa besar penerapan oksigen oleh industry.
C. Menginformasikan kebutuhan jumlah oksigen yang oleh perindustrian.
D. Mengingatkan perindustrian biar menghemat oksigen.
E.  Menginformsikan bahwa perindustrian sudah boros dalam penerapan oksigen.
Kunci Jawaban: A
Tujuan penulis teks sanggup disimpulkan dari isi teks. Tujuan penulisan paragraf tersebut ialah mengimbau biar perindustrian menjaga keseimbangan penerapan oksigen. Kalimat yang meliputi imbauan ialah kalimat nomor (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara.
RINGKASAN MATERI 
TUJUAN PENULISAN TEKS
Tujuan penulis pada suatu teks sanggup disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Berikut ini disajikan genre teks dan fungsi teks.  
MATERI KURIKULUM 2006 JENIS PARAGRAF DESKRIPSI, EKSPOSISI, PERSUASI, ARGUMENTASI, NARASI

NO
DEFINISI
JENIS TEKS
1
Karangan yang bertujuan mempersembahkan citra atau kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. melaluiataubersamaini karangan ini,  pembaca sanggup dibentuk seperti melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam insiden yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi.

  1. Deskripsi
2
Karangan yang bertujuan mengisahkan atau menceritakan. Dalam karangan ini insiden biasanya disusun berdasarkan urutan waktu ( kronologis), mempunyai tokoh, dan terdapat konflik.
  1. Narasi
3
Karangan yang bertujuan membujuk atau menyarankan. Dalam karangan ini mula-mula dipaparkan gagasan dengan alasan untuk meyakinkan pembaca, kemudian diikuti dengan ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau masukan kepada pembaca.
  1. Persuasi
4
Karangan yang bertujuan memberikan suatu gagasan, ide, pendapat, konsepsi, atau opini penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca atas kebenaran gagasan itu.
  1. Argumentasi
5
Karangan yang bertujuan memaparkan, menerangkan, memberikan penyuluhan/informasi, mengajarkan, dan membuktikan sesuatu tanpa disertai permintaan atau desakan biar pembaca mendapatkan dan mengikutinya
  1. Eksposisi


NO
CONTOH KARANGAN/PARAGRAF
JENIS KARANGAN
1
Setiap detik penduduk di bumi bertambah lima jiwa. Bisa dipastikan bahwa pertumbuhan penduduk yang demikian pesat akan menjadi kasus global.Oleh alasannya ialah itu, kita perlu mengendalikan pertambahan penduduk dan di sisi lain kita harus berusaha keras mencari penemuan-penemuan gres untuk memenuhi tuntutan kehidupan yang tak terelakkan tersebut.
persuasi
2
Masih ada solusi yang baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak perlu diikuti dengan pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting ialah rasionalisasi jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan wilayah fishing ground dan fishing base.
argumentasi
3
Ia terlentang seharian di atas trotoar gerah itu. Tubuhnya yang tinggal tulang terbalut kulit itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang sudah robek di sana sini, sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari sela-sela baju. Bau bacin menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang melebar dengan warna merah
deskripsi
4
Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama dengan olahraga lari. Namun, yang membedakan ialah olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah.
eksposisi
5
Tahun 1977 Dr. Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California, Berkeley mendapati sesuatu yang guah. Ketika sedang mereview lapisan lumpur menemukan kandungan tridium berkadar tinggi di antara pembatas dua lapisan lumpur itu. Pada tahun diberikutnya kapal peneliti AS Glomar Challenger Two juga menmukan tridium berkadar tinggi di perairan New Mexico potongan utara.
narasi
6
Pasar Blaura ialah pasar perbelanjaan yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di potongan terdepan berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai satu terdapat toko pakaian yang lengkap berderet-deret. Di sampaing kanan pasar terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. Di samping kiri ada pula jenis buah-buahan.
deskripsi
7
Hujan ialah akhir dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi ibarat laut, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di atmosphere. Kumpulan partikel – partikel ini kemudian menjadi awan dan akan tertiup oleh angin menuju daerah lainnya. Jika serius awan tersebut menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi.
eksposisi
8
Musim semi sudah datang dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak pegunungan secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur menunjukkan kesadaran alam
deskripsi
9
Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami hingga di sebuah rumah yangh sederhana ibarat rumah-rumah di sekitarnya.
narasi
10
Kedisiplinan kemudian lintas maakurakat di Jakarta cenderung menurun. Hal ini terbukti pada bertambahnya jumlah pelanggarannya yang tercatat di kepolisian. Selain itu, jumlah korban yang meninggal akhir kecelakaan pun juga semakin meningkat.
argumentasi

MATERI KURIKULUM 2013 JENIS-JENIS TEKS

GENRE
TIPE TEKS
LOKASI SOSIAL
Menggambarkan (Describing)
Laporan (Report):
melaporkan informasi
Buku rujukan, dokumenter, buku panduan, laporan eksperimental (penelitian), presentasi kelompok
Deskripsi: menggambarkan peristiwa, hal, sastra
Pengamatan diri, objek, lingkungan, perasaan, dll.
Menjelaskan (Explaining)
Eksplanasi: membuktikan sesuatu
Paparan, pidato/ceramah, goresan pena ilmiah (popular)
Memerintah (Instructing)
Instruksi/ Prosedur: memberikan bgm sesuatu dilakukan
Buku panduan/ manual (penerapan), instruksi pengobatan, hukum olahraga, rencana pembelajaran (RPP), instruksi, resep, pengarahan/pengaturan
Berargumen (Arguing)
Eksposisi: memdiberi pendapat atau sudut pandang
(MEYAKINKAN/Mempengaruhi): iklan, kuliah, ceramah/pidato, editorial, surat pembaca, artikel Koran/majalah
Diskusi
(MENGEVALUASI suatu dilema dengan sudut pandang tertentu, 2 atau lebih) 
Respon/ review
Menanggapi teks sastra, Koreksi sastra, resensi
Menceritakan (Narrating)
Rekon (Recount): menceritakan insiden secara berurutan
Jurnal, buku harian, artikel Koran, diberita, rekon sejarah, surat, log, garis waktu (time line)
Narasi: menceritakan kisah atau nasehat
Prosa (Fiksi ilmiah, fantasi, fabel, dongeng rakyat, mitos, dll.), dan drama.
Puisi
Puisi, puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)

 Sumber
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.  Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
BACA JUGA
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 TENTANG  Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks 





PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 

12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks 
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks 
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks 
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks 
28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=menentukan-tujuan-penulis-teks 

0 Komentar untuk "Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun Pelajaran 2017/2018 Nomor 16: Tujuan Penulis Paragraf"

Back To Top