loading...
Salah satu langkah penting dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yaitu berbagi indikator pencapaian kompetensi (IPK) menurut kompetensi dasar (KD) mata pelajaran.
Berikut disajikan pola pengembangan indikator pencapaian kompetensi (IPK) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019.
PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA ………………….
Kompetnsi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan pemikiran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.
No | Kompetensi Dasar | Indikator | |
1. | 3.1. Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca | 3.1.1. Mendata isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan 3.1.2. Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan | |
2. | 4.1. Menyajikan final sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara ekspresi maupun tulis | 4.1.1. Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan. 4.1.2. Mempresentasikan final sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan. | |
3. | 3.2. Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan | 3.2.1. Menentukan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan 3.2.2. Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan. | |
4. | 4.2. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan | 4.2.1. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. 4.2.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang sudah disusun | |
5. | 3.3. Mengidentifikasi informasi, yang mencakup beberapa aspek orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam dongeng sejarah ekspresi atau tulis | 3.3.1. Mendata informasi penting dalam novel sejarah 3.3.2. Menentukan struktur teks novel sejarah. 3.3.3. Membandingkan novel sejarah dengan teks sejarah | |
6. | 4.3. Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi dongeng sejarah dalam sebuah teks eksplanasi | 4.3.1. Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel sejarah 4.3.2. Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam sebuah teks eksplanasi. 4.3.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun | |
7. | 3.4. Menganalisis kebahasaan dongeng atau novel sejarah | 3.4.1. Menemukan unsur kebahasaan yang ada dalam novel sejarah 3.4.2. Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering dipakai dalam novel sejarah | |
8. | 4.4. Menulis dongeng sejarah langsung dengan memerhatikan kebahasaan | 4.4.1. Menentukan topik sebagai dasar penyusunan kerangka novel sejarah 4.4.2. Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah yang utuh. 4.4.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks dongeng (novel) sejarah yang sudah ditulis | |
9. | 3.5. Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan final terhadap suatu isu) dalam teks editorial | 3.5.1. Mengidentifikasi isi dalam teks editorial. 3.5.2. Membedakan fakta dan opini dalam teks editorial | |
10. | 4.5. Menyeleksi ragam informasi sebagai materi teks editorial baik secara ekspresi maupun tulis | 4.5.1. Menentukan warta faktual dari banyak sekali media informasi (cetak, elektronik, maupun internet) 4.5.2. Menuliskan pendapat terhadap warta faktual dilengkapi argumen pendukung (data dan alasan logis). 4.5.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai materi teks editorial. | |
11. | 3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial | 3.6.1. Menentukan struktur dalam teks editorial 3.6.2. Menentukan unsur kebahasaan dalam teks editorial | |
12. | 4.6. Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara ekspresi maupun tulis | 4.6.1. Menyusun argument atau pendapat terhadap warta faktual 4.6.2. Menyusun masukan (rekomendasi) terhadap warta aktual 4.6.3. Menulis teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan 4.6.4. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang sudah disusun | |
13. | 3.7. Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan dongeng pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 3.7.1. Menentukan kelebihan dan belum sempurnanya buku kumpulan cerpen atau kumpulan puisi (fiksi) yang dibaca 3.7.2. Menentukan kelebihan dan belum sempurnanya buku nonfiksi yang dibaca | |
14. | 4.7. Menyusun laporan hasil diskusi buku wacana satu topik baik secara ekspresi maupun tulis | 4.7.1. Menyusun laporan hasil diskusi buku baik ekspresi maupun tulis 4.7.2. Mempresentasikan laporan yang ditulisnya di depan kelas. 4.7.3. Menanggapi laporan yang dipresentasikan. | |
15. | 3.8. Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca | 3.8.1. Menemukan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. 3.8.2. Menjelaskan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. | |
16. | 4.8. Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara ekspresi maupun tulis | 4.8.1. Menyusun interpretasi pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. 4.8.2. Mempresentasikan dan menanggapi hasil interpretasi pandangan pengarang dengan kalimat yang baik dan benar | |
17. | 3.9. Menganalisis isi dan kebahasaan novel | 3.9.1. Menentukan isi novel menurut unsur intrinsiknya. 3.9.2. Menentukan unsur kebahasaan novel. | |
18. | 4.9. Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara ekspresi maupun tulis | 4.9.1. Merancang novel dengan memerhatikan isi. 4.9.2. Merancang novel dengan memerhatikan kebahasaan. 4.9.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil penyusunan novel | |
19. | 3.10. Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca | 3.10.1. Menemukan informasi dalam artikel opini. 3.10.2. Membedakan antara informasi (fakta) dan opini penulis. | |
20. | 4.10. Menyusun opini dalam bentuk artikel | 4.10.1. Mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat yang benar. 4.10.2. Menyusun opini dalam bentuk paragraf. 4.10.3. Menyusun opini dalam bentuk artikel. 4.10.4. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel. | |
21. | 3.11. Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah | 3.11.1. Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah 3.11.2. Membandingkan kebahasaan dalam artikel opini dan buku ilmiah. | |
22. | 4.11. Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan | 4.11.1. Menyusun artikel opini sesuai dengan fakta. 4.11.2. Mempresentasikan artikel opini dengan kebahasaan yang baik dan benar, | |
23. | 3.12. Membandingkan Koreksi sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis | 3.12.1. Menentukan unsur-unsur Koreksi dan esai. 3.12.2. Membandingkan kritik dan esai menurut pengetahuan dan sudut pandang penulisnya. | |
24. | 4.12. Menyusun Koreksi dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara ekspresi maupun tulis | 4.12.1. Menyusun Koreksi terhadap karya sastra 4.12.2. Menyusun pernyataan esai terhadap suatu objek atau permasalahan. 4.12.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi Koreksi dan esai yang sudah ditulis | |
25. | 3.13. Menganalisis sistematika dan kebahasaan Koreksi dan esai | 3.13.1. Menentukan sistematika Koreksi sastra dan esai. 3.13.2. Menentukan kebahasaan Koreksi sastra dan esai. | |
26. | 4.13. Mengonstruksi sebuah Koreksi atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara ekspresi maupun tulis | 4.13.1. Mengonstruksi Koreksi sastra dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya. 4.13.2. Mengonstruksi esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya. 4.13.3. Mempresentasikan, Memdiberikan penilaian terhadap Koreksi dan esai menurut sistematika dan kebahasaan | |
27. | 3.14. Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) | 3.14.1. Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi). 3.14.2. Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam satu buku drama (fiksi). | |
28. | 4.14. Menulis refleksi wacana nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) | 4.14.1. Menulis refleksi wacana nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) 4.14.2. Menulis refleksi wacana nilai-nilai yang terkandung dalam satu buku drama (fiksi) 4.14.3. Mempresentasikan laporan buku yang ditulisnya |
……………., Juni 2018
Mengetahui
Kepala SMA………. Guru Mata Pelajaran
…………………….. ………………………
NIP NIP
BACA DAN UNDUH
BUKU KERJA GURU 1
BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
1. PENGEMBANGAN INDIKATOR KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
2. KETERKAITAN KI, KD, IPK, MATERI PEMBELAJARAN KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
4. PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
5. SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
6. PROGRAM TAHUNAN KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
7. RINCIAN MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
8. PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
9. KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM) / KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
10. RPP 1 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.1 DAN 4.1 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
11. RPP 2 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.2 DAN 4.2 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
12. RPP 3 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.3 DAN 4.3 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
13. RPP 4 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.4 DAN 4.4 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
14. RPP 5 TEKS EDITORIAL KD 3.5 DAN 4.5 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
15. RPP 6 TEKS EDITORIAL KD 3.6 DAN 4.6 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
16. RPP 7 MENYUSUN LAPORAN BUKU YANG DIBACA (LITERASI) KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
Tag :
KURIKULUM 2018/2019
0 Komentar untuk "Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk) Bahasa Indonesia Kelas Xii Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019"