: Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun Pelajaran 2017/2018 (Nomor 11: Opini Penulis Dalam Tajuk Rencana)

loading...

Cermati kutipan tajuk planning untuk menjawaban soal nomor 11 dan 12!        
Harga BBM resmi dinaikkan sebesar dua ribu rupiah pada Senin, 17 November 2014. Kenaikan BBM ini memicu reaksi dari banyak pihak. Kenaikan BBM ini otomatis memengaruhi seluruh harga yang ada di masyarakat, mulai dari harga sembako sampai tarif angkutan umum. Bukan  spesialuntuk para ibu rumah tangga yang mencicipi dampak kenaikan BBM tersebut, pedagang sampai para pelajar pun mencicipi imbas dari kenaikannya. Ibu rumah tangga sekarang harus pandai-pandai mengatur keuangan keluarga biar tetap cukup sampai final bulan dengan kondisi harga yang semakin mencekik. Para pelajar pun, baik yang memakai kendaraan eksklusif maupun yang memakai angkutan umum untuk ke sekolah, harus mulai mengirit uang jajan mereka. 
Kenaikan BBM memang sudah tersebar luas. Hal tersebut membuat masyarakat menjadi galau dan mengambil tindakan dengan cara menaikkan harga sembako. Saat BBM naik, agresi protes dari mahasiswa pun tak sanggup ditahan lagi.

11.      Opini penulis dalam kutipan tajuk planning tersebut adalah . . .
A.  Kenaikan BBM memicu keresahan banyak pihak.
B.  Ibu rumah tangga yang mencicipi dampak kenaikan BBM.
C.  Harga BBM resmi dinaikkan sebesar dua ribu rupiah. 
D.  Aksi protes dari mahasiswa pun tak sanggup ditahan lagi. 
E.   Kenaikan BBM mesti disadari demi kesejahterahan rakyat. 
Kunci Jawaban: A
Kalimat opini ialah sebuah kalimat pendapat yang di dalamnya terdapat pernyataan yang belum sanggup dibuktikan kebenarannya. Opini redaksi pada kutipan tajuk planning di atas ialah Kenaikan BBM memicu keresahan banyak pihak (opsi A).  Opsi B kurang sempurna alasannya ialah tidak spesialuntuk ibu rumah tangga yang mencicipi dampak kenaikan BBM. Opsi C dan D ialah kalimat fakta. Opsi E ialah pernyataan yang tidak sesuai dengan isi kutipan teks. 
Ringkasan Materi
Tajuk Rencana
Tajuk Rencana/editorial ialah artikel pokok dalam surat kabar yang ialah pandangan redaksi terhadap insiden yang sedang menjadi pembicaraan pada dikala surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana/editorial biasanya diungkapkan adanya informasi atau persoalan aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi wacana persoalan tersebut, Koreksi dan masukan atas permasalahan, dan cita-cita redaksi akan tugas serta pembaca.
Pernyataan fakta dan opini ini biasanya diutarakan secara singkat, logis, menarikdanunik ditinjau dari segi penulisan dengan tujuan untuk mempengaruhi pendapat/ menerjemahkan diberita yang menonjol biar pembaca menjadi menyimak seberapa penting diberita tersebut. Fungsi tajuk rencana/editorial biasanya mengambarkan diberita, artinya, dan risikonya pada masyarakat. Tajuk rencana/editorial juga mengisi latar belakang dari kaitan diberita tersebut dengan kenyataan sosial dan faktor yang memengaruhi dengan lebih menyeluruh. Dalam tajuk rencana/editorial terkadang juga ada ramalan atau analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan-kemungkinan yang sanggup terjadi, serta meneruskan evaluasi adab terkena diberita tersebut.
Ciri-ciri

  • Berisi opini redaksi wacana insiden yang sedang hangat dibicarakan
  • Berisi ulasan wacana suatu persoalan yang dimuat
  • Biasanya berskala nasional, diberita internasional sanggup menjadi tajuk rencana/editorial, apabila diberita tersebut memdiberi dampak kepada nasional
  • Tertuang pikiran subjektif redaksi (https://id.wikipedia.org/wiki/Tajuk_rencana)
Pengertian Opini:
Dalam KBBI, opini ialah pendapat; pikiran; pendirian. melaluiataubersamaini demikian, sebuah opini belum terbukti kebenarannya.
Pengertian Kalimat Opini:
Kalimat opini ialah sebuah kalimat pendapat yang di dalamnya terdapat pernyataan yang belum sanggup dibuktikan kebenarannya.
Pengertian Opini Penulis:
Opini penulis ialah pendapat penulis. Dalam menulis sebuah wacana/tajuk rencana/paragraf, penulis akan memasukkan beberapa data atau hal-hal yang sedang terjadi dikala ini. Sesudah menjabarkan permasalahannya, penulis akan menambahkan pendapat pribadinya terkena topik yang ia bahas tersebut. 
Baca Juga
Soal dan pembahasan UN 2016/2017 wacana   Menentukan opini redaksi pada tajuk rencana

Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=opini-redaksi-dalam-tajuk-rencana


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=opini-redaksi-dalam-tajuk-rencana
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=opini-redaksi-dalam-tajuk-rencana
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=opini-redaksi-dalam-tajuk-rencana

0 Komentar untuk ": Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun Pelajaran 2017/2018 (Nomor 11: Opini Penulis Dalam Tajuk Rencana)"

Back To Top