loading...
TEKS EKSPOSISI
Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara ekspresi dan/tulis
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
(Lampiran Permendikbud nomor 24 tahun 2016)
1. Mengidentifikasi Tesis, Argumen, dan Rekomendasi dalam Teks Eksposisi
Eksposisi biasa digunakan seseorang untuk menyajikan gagasan. Gagasan tersebut dikaji oleh penulis atau pembicara menurut sudut pandang tertentu. Untuk menguatkan gagasan yang disampaikan, penulis atau pembicara harus menyertakan alasan-alasan logis. melaluiataubersamaini kata lain, ia bertanggung jawaban untuk membuktikan, mengevaluasi, atau mengklarifikasi permasalahan tersebut. Bentuk teks ini biasa digunakan dalam aktivitas ceramah, perkuliahan, pidato, editorial, opini, dan sejenisnya.
a. Teks Eksposisi ialah genre teks meliputi gagasan yang bertujuan biar orang lain memahami pendapat yang disampaikan. Gagasan tersebut disampaikan oleh penulis atau pembicara menurut sudut pandang tertentu. Untuk menguatkan gagasan yang disampaikan, penulis atau pembicara menyertakan alasan-alasan logis.
b. Tesis: pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karangan
c. Argumen: alasan yang sanggup digunakan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan
d. Rekomendasi: masukan yang menganjurkan (membenarkan, menguatkan)
Pidato Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda
Assalamu alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita tiruana,
Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, Bapak dan Ibu Guru yang saya taati, serta kawan-kawan yang saya kasihi.
Sebelum memberikan pidato saya wacana ancaman narkoba bagi generasi muda, izinkanlah saya mengajak Bapak, Ibu, serta hadirin tiruana untuk mensyukuri nikmat Tuhan. Hanya berkat nikmat Tuhanlah kita sanggup bertemu dalam aktivitas seminar hari ini.
Bapak, Ibu, serta Hadirin yang saya hormati,
Dewasa ini, narkoba sudah mejadi ancaman yang sangat mengerikan bagi generasi muda yang berarti juga menjadi ancaman bagi keberlangsungan bangsa Indonesia.
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia hingga tanggal 13 Mei 2013 mencatat ada 158.812 narapidana dan tahanan di Indonesia, yang 51.899 orang di antaranya terkait masalah narkoba. Dari jumlah itu, 759 orang di antaranya ialah produsen narkoba, 3.751 orang bandar narkoba, 16.432 orang pengedar narkoba, dan 1.621 orang penadah. Jumlah penyalah guna narkoba sebanyak 7 juta orang, dan sebagian besar di antaranya ialah para pelajar SMP, SMA, bahkan SD. Bisa jadi, data yang terungkap itu spesialuntuk fenomena pegunungan es, spesialuntuk fakta yang terungkap puncaknya saja, sedang fakta yang bergotong-royong sanggup jadi jauh lebih besar.
Narkoba benar-benar membahayakan nasib bangsa ini di masa depan. Efek kerusakan jawaban minuman keras dan narkoba ini tidak spesialuntuk terkena diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Tak spesialuntuk dalam skala kecil menyerupai keluarga, tetapi juga dalam skala besar, miras, dan narkoba akan menghancurkan sendi-sendi pembangunan nasional. Secara ekonomi, akan sangat banyak dana yang dihambur-hamburkan untuk membeli barang-barang haram itu, kemudian mengobat mereka, membiayai banyak sekali upaya pencegahan bahayanya. Belum lagi, efeknya bagi pertahanan dan keamanan nasional.
Hadirin yang saya hormati,
Sebagai generasi muda, calon penerus usaha bangsa, sudah seharusnya kita menyiapkan diri menjadi generasi yang berkarakter. Upaya menghindarkan diri dari ancaman penyalahgunaan narkoba setidaknya sanggup dilakukan melalui tiga cara. Pertama, dari diri sendiri. Artinya, masing-masing kita membentengi diri dari kemungkinan menjadi pengonsumsi narkoba. Hal itu sanggup kita lakukan dengan pandai-pandai menentukan mitra bergaul. Kedua, dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah seraya memohon biar kita terhindar dari ancaman penyalahgunaan miras dan narkoba. melaluiataubersamaini menjalankan tiruana perintah Allah dan menjauhkan diri dari larangan Allah, kita akan terhindar dari perbuatan-perbuatan tercela. Ketiga, hendaklah kita selalu ingat bahwa apa pun yang kita lakukan hari ini intinya ialah tabungan masa depan kita. Bila kita menabung kebaikan dan kemuliaan hari ini, maka kebaikan dan kemuliaan itulah yang akan kita petik di masa depan, termasuk di alam abadi nanti. Sebaliknya, keburukan yang kita lakukan hari ini, termasuk menghancurkan diri sendiri dengan mengonsumsi narkoba, intinya ialah menghancurkan masa depan kita sendiri.
Hadirin yang saya hormati,
Lalu bagaimana dengan mereka yang sudah telanjur menjadi pengguna narkoba? Jangan berputus asa. Segeralah bertaubat, berhenti mengonsumsinya, ikuti rehabilitasi, putuskan segala hal yang memungkinkan kita akan terhubung kembali dengan para bandar dan pengguna narkoba. Akhirnya, demikian yang sanggup saya sampaikan. Semoga bermanfaa dan menginspirasi.
Terima kasih,
Wassalamu alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
misal Analisis Tesis, Argumen, dan Rekomendasi Pidato Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda
Pendapat yang Disampaikan | Narkoba berbahaya bagi generasi muda |
Argumen yang Disampaikan | 1. Jumlah penyalah guna narkoba sebanyak 7 juta orang, dan sebagian besar di antaranya ialah para pelajar SMP, SMA, bahkan SD. 2. Efek kerusakan jawaban minuman keras dan narkoba ini tidak spesialuntuk terkena diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. 3. Tak spesialuntuk dalam skala kecil menyerupai keluarga, tetapi juga dalam skala besar, miras dan narkoba akan menghancurkan sendi-sendi pembangunan nasional. 4. Secara ekonomi, akan sangat banyak dana yang dihambur-hamburkan untuk membeli barang-barang haram itu, kemudian mengobati mereka, membiayai banyak sekali upaya pencegahan bahayanya. |
Rekomendasi | Generasi muda, calon penerus seharusnya kita menyiapkan diri menjadi generasi yang berkarakter dengan tiga cara. |
Baca juga:
1. STRUKTUR TEKS EKSPOSISI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=struktur-teks-eksposisi-tekseksposisi
2. CIRI KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=struktur-teks-eksposisi-tekseksposisi
1. STRUKTUR TEKS EKSPOSISI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=struktur-teks-eksposisi-tekseksposisi
2. CIRI KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=struktur-teks-eksposisi-tekseksposisi
Tag :
PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Mengidentifikasi Tesis, Argumen, Dan Rekomendasi Dalam Teks Eksposisi"