Struktur Novel Sejarah Atau Kisah Sejarah

loading...


Struktur Novel Sejarah atau Cerita Sejarah

Novel sejarah yakni novel yang di dalamnya membuktikan dan menceritakan wacana fakta kejadian masa kemudian yang menjadi asal-muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai kesejarahan, sanggup bersifat naratif atau deskriptif, dan disajikan dengan daya khayal pengetahuan yang luas dari pengarang.

Sruktur Teks Cerita/Novel Sejarah

1. Pengenalan situasi dongeng (ekspostion, orientasi)

Dalam potongan ini, pengarang memperkenalkan latar dongeng baik waktu, kawasan maupun peristiwa. Selain itu, orientasi juga sanggup disajikan dengan mengenalkan para tokoh, menata adegan, dan kekerabatan antartokoh.

2. Pengungkapan peristiwa

Dalam potongan ini disajikan insiden pertama yang menjadikan banyak sekali masalah, perperihalan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.

3. Menuju konflik (rising action)

Terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan banyak sekali situasi yang mengakibatkan bertambahnya kesukaran tokoh

4. Puncak konflik (turning point, komplikasi)

Bagian ini disebut pula sebagai titikpuncak. INI potongan dongeng yang paling besar dan mendebarkan. Pada potongan ini pula, ditentukannya perubahan nasib beberapa tokohnya. Misalnya, apakah ia kemudian berhasil menuntaskan masalahnya atau gagal.

5. Penyelesaian (Evaluasi, resolusi)

Sebagai final cerita, pada potongan ini meliputi klarifikasi ataupun evaluasi wacana perilaku ataupun nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami insiden puncak itu. Pada potongan ini pun sering pula ditetapkan wujud final dari kondisi ataupun nasib final yang dialami tokoh utama.

6. Koda

Bagian ini berupa komentar terhadap keseluruhan isi cerita, yang fungsinya sebagai penutup. Komentar yang dimaksud sanggup disampaikan pribadi oleh pengarang atau dengan mewakilkannya pada seorang tokoh. Hanya saja tidak setiap novel mempunyai koda, bahkan novel-novel modern lebih banyak menyerahkan kesimpulan final ceritanya itu kepada para pembacanya. Mereka dibiarkan menebak-nebak sendiri penyelesaian ceritanya.

baca juga ciri kebahasaan teks novel atau dongeng sejarah klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=ciri-kebahasaan-teks-novel-sejarah-atau


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 


10. Nomor 10: Penilaian terhadap Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=ciri-kebahasaan-teks-novel-sejarah-atau


Tag : PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Struktur Novel Sejarah Atau Kisah Sejarah"

Back To Top