Langkah-Langkah Menyusun Soal Hots, Format Kisi-Kisi Soal Hots, Dan Kartu Soal Hots

loading...

LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS
HOTS atau higher order thinking skill yaitu proses berpikir tingkat tinggi. Dalam taksonomi bloom yang direvisi Anderson menduduki level C4, C5 dan C6, analisis, evaluasi. dan kreasi. HOTS yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang ialah kemampuan berpikir tingkat tinggi
Guru dituntut untuk melaksanakan proses pembelajaran yang HOTS sehingga muaranya akseptor didik bisa menuntaskan soal HOTS. Soal HOTS harus bisa mengukur transfer  of knowledge, Problem solving dan Critical thinking. Soal HOTS ialah instrumen pengukuran yang dipakai untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu keterampilan berpikir yang tidak sekadar mengingat (remember), memahami (undestand), atau menerapkan (apply).
Langkah-Langkah Menyusun Soal HOTS
Untuk menulis butir soal HOTS, penulis soal dituntut untuk sanggup menentukan sikap yang hendak diukur dan merumuskan bahan yang akan dijadikan dasar pertanyaan (stimulus) dalam konteks tertentu sesuai dengan sikap yang diharapkan. Selain itu uraian bahan yang akan ditanyakan (yang menuntut budi budi tinggi) tidak selalu tersedia di dalam buku pelajaran. Oleh alasannya yaitu itu dalam penulisan soal HOTS, dibutuhkan penguasaan bahan ajar, keterampilan dalam menulis soal (kontruksi soal), dan kreativitas guru dalam menentukan stimulus soal sesuai dengan situasi dan kondisi tempat di sekitar satuan pendidikan.Berikut dipaparkan langkah-langkah penyusunan soal-soal HOTS.
1. Menganalisis KD yang sanggup dibentuk soal-soal HOTS
Terlebih lampau guru-guru menentukan KD yang sanggup dibuatkan soal-soal HOTS. Tidak tiruana KD sanggup dibuatkan model-model soal HOTS. Guru-guru secara berdikari atau melalui lembaga MGMP sanggup melaksanakan analisis terhadap KD yang sanggup dibuatkan soal-soal HOTS.
2. Menyusun kisi-kisi soal
Kisi-kisi penulisan soal-soal HOTS bertujuan untuk memmenolong para guru dalam menulis butir soal HOTS. Secara umum, kisi-kisi tersebut dibutuhkan untuk memandu guru dalam: (a) menentukan KD yang sanggup dibentuk soal-soal HOTS, (b) menentukan bahan pokok yang terkait dengan KD yang akan diuji, (c) merumuskan indikator soal, dan (d) menentukan level kognitif.
3. Memilih stimulus yang menarikdanunik dan kontekstual.
Stimulus yang dipakai hendaknya menarikdanunik, artinya mendorong akseptor didik untuk membaca stimulus. Stimulus yang menarikdanunik umumnya baru, belum pernah dibaca oleh akseptor didik. Sedangkan stimulus kontekstual berarti stimulus yang sesuai dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari, menarikdanunik, mendorong akseptor didik untuk membaca.Dalam konteks Ujian Sekolah, guru sanggup menentukan stimulus dari lingkungan sekolah atau tempat setempat.
4. Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal
Butir-butir pertanyaan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan butir soal HOTS.Kaidah penulisan butir soal HOTS, agak tidak sama dengan kaidah penulisan butir soal pada umumnya.
Perbedaannya terletak pada aspek materi, sedangkan pada aspek konstruksi dan bahasa relative sama. Setiap butir soal ditulis pada kartu soal, sesuai format terlampir.
5. Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawabanan
Setiap butir soal HOTS yang ditulis hendaknya dilengkapi dengan pedoman penskoran atau kunci jawabanan.Pedoman penskoran dibentuk untuk bentuk soal uraian.Sedangkan kunci jawabanan dibentuk untuk bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks (benar/salah, ya/tidak), dan isian singkat.


TRIK DAN TIPS MENYUSUN SOAL HOTS
1. Gunakan Konteks Dunia Nyata
misal soal
Soal A.1 (tidak memakai konteks dunia nyata)
Seorang peneliti menetapkan tingkat signifikansi 0,05. Berapakah nilai uji signifikansi yang sanggup dapat diterima untuk menolak hipotesis penelitian? 
Soal A.2 (menggunakan konteks dunia nyata)
Seorang peneliti membandingkan berat tubuh dua kelompok untuk mereview efektivitas obat pelangsing. Peneliti tersebut menetapkan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji signifikansi memperoleh nilai 0,017. Apakah yang sanggup disimpulkan oleh peneliti tersebut?
Penjelasan: Penyajian Kasus Nyata memungkinkan proses menelaah informasi

2. Berikan Pertanyaan yang terkait analisis visual
misal soal
Soal B.1
Apakah tugas burung Elang dalam suatu rantai makanan?
Soal B.2
Cermati gambar diberikut!


Seorang ilmuwan berhasil menemukan pestisida ampuh pembasmi ulat sehingga jumlah ulat menurun dengan drastis. Apakah yang akan terjadi kepada Elang?
Penjelasan: Melalui analisa visual denah yang kompleks, maka tingkat berfikir ordenya lebih tinggi
3. Tanyakan alasan dari jawabanan yang didiberikan
Abad ke-21 yaitu kala digital dan kala informasi. Arus informasi yang begitu deras berdampak negatif terhadap disintegrasi bangsa. Misalnya kejadian SARA di suatu sekolah yang belum terverifikasi kebenarannya, diunggah seorang pelajar di media sosial. Berita tersebut akan cepat tersebar ke masyarakat luas sehingga memicu konflik antar kelompok. Oleh alasannya yaitu itu, pembatasan penerapan media umum harus diterapkan kepada tiruana pelajar.  
Setujukah Kamu dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu!
4. Soal pilihan ganda dan soal adil DAPAT mengukur HOTS






Sumber
Widana, I Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta:  Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 
BACA JUGA

1. MENGAPA HOTS? KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=mengapa-hots

2. MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=mengapa-hots

3. RPP BERORIENTASI HOTS KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=mengapa-hots

4. SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=mengapa-hots
Unduh 
1. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) KLIK https://drive.google.com/open?id=1Ch-Vb9iyp_BYlJ3lKzQjQrghxnjh9QgF
3. Format Kartu Soal HOTS Pilihan Ganda KLIK https://drive.google.com/open?id=1GahcMLPfRI6enQ3kuSbUBeomyo66Xy9i
5. Format Istrumen Telaah Soal HOTS Pilihan Ganda dan Uraian KLIK https://drive.google.com/open?id=1vbmKCIr1KqRqQvj58PNOJWo08eB8stuq
6. PPT Materi Workshop Penyusunan Soal HOTS KLIK https://drive.google.com/open?id=1w-AIgeAU4YkJWCsg1U6YRJ5HniFT21KC
Tag : PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Langkah-Langkah Menyusun Soal Hots, Format Kisi-Kisi Soal Hots, Dan Kartu Soal Hots"

Back To Top