Kunci Balasan Soal Un Tahun Pelajaran 2017/2018 Dan Pembahasan Mapel Bahasa Indonesia Soal Nomor 7: Ringkasan Isi Teks

loading...


Kunci Jawaban: E
Pembahasan 
Ringkasan yaitu hasil meringkaskan; ikhtisar; abreviasi dongeng (https://kbbi.web.id/ringkas). Ringkasan ialah penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap penggalan bacaan aslinya.
Ringkasan yang tepat menurut teks tersebut yaitu pilihan jawabanan E. Teks tersebut menceritakan Tono yang meminta semoga Udin mengira teka-tekinya ihwal alasannya yaitu dosen ilmu politiknya yang jikalau mengajar selalu duduk.
Jawaban E tepat lantaran sesuai dan mencakup beberapa aspeki isi teks secara lengkap. Jawaban A,B,  dan D bukanlah ringkasan,  tetapi kalimat yang terdapat pada teks. Jawaban C kurang tepat lantaran tidak sesuai dengan isi teks. Pada teks, yang dibicarakan yaitu dosen yang mengajar Tono, bukan yang mengajar Udin. 
RINGKASAN MATERI
PENGERTIAN RINGKASAN DAN LANGKAH-LANGKAH MERINGKAS TEKS

A.  Pengertian Ringkasan

Ringkasan yaitu hasil meringkaskan; ikhtisar; abreviasi dongeng (https://kbbi.web.id/ringkas). Ringkasan ialah penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap penggalan bacaan aslinya.

Ringkasan disusun untuk mempergampang dan mempercepat seseorang memahami isi pokok teks.

B.  Langkah-Langkah Meringkas Isi Teks Nonsastra

Langkah-langkah meringkaskan teks yaitu sebagai diberikut.

1.      Membaca secara cermat seluruh teks orisinil untuk menangkap seluruh informasi teks.

Membaca goresan pena orisinil terkadang tidak cukup spesialuntuk dilakukan satu kali, tetapi harus dilakukan berkali- kali. Membaca seluruh teks orisinil bertujuan menemukan kalimat/ wangsit pokok mana yang harus diambil dan dijadikan ringkasan. Membaca goresan pena orisinil juga sanggup memmenolong pembuat ringkasan dalam mengambil final dan intisari teks.

2.      Menuliskan gagasan atau ide-ide pokok teks.

Pada dikala membaca seluruh teks, pembuat ringkasan harus mencatat dan menuliskan ide-ide pokok atau gagasan utama paragraf. Ide-ide pokok inilah yang menjadi materi untuk membuat ringkasan.

3.      Menyusun ide-ide pokok paragraf menjadi ringkasan teks.

Sesudah mencatat ide-ide pokok paragraf, pembuat ringkasan sanggup merangkai dan menyusun ringkasan menurut ide-ide pokok tersebut menjadi paragraf gres yang lebih singkat dari goresan pena aslinya.

misal Ringkasan

Batuk bergotong-royong bukan penyakit refleks, lantaran mengalami rangsangan udara yang berpolusi,  asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau belum sempurnanya udara. Batuk juga dapat  terjadi  karena susukan pernapasan atau paru-paru terkena bisul kuman-kuman tertentu. Udara dingin  atau lembab sanggup juga membuat orang batuk atau bersin.

Obat batuk yang dijual di pamasukan bebas umumnya terdiri atas obat atau adonan obat yang  mengandung materi yang sanggup mengeluarkan lendir atau riak semoga susukan pernapasan membersihkan dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu, Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.

Ringkasan teks tersebut yang tepat yaitu ...

A.  Penyakit batuk dikarenakan rangsangan udara yang tidak berpolusi, asap rokok, gas yang merangsang atau belum sempurnanya udara terinfeksi, maka barus diobati dengan ekspektoran.

B.  Pengaruh batuk itu terjadi lantaran asap pabrik, gas asap rokok, udara yang berpolusi, sehingga susukan paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut sanggup dibeli di pasar bebas.

C.  Batuk terjadi lantaran polusi udara, asap pabrik, rokok, bau-bauan, gas, belum sempurnanya udara susukan pernapasan. Batuk sanggup diobati dengan ekspektoran.

D.  Terjadinya penyakit batuk lantaran polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, belum sempurnanya udara. Namun, tiruana sanggup diobati dengan obat-obat altematif yang dijual di pamasukan bebas.
0 Komentar untuk "Kunci Balasan Soal Un Tahun Pelajaran 2017/2018 Dan Pembahasan Mapel Bahasa Indonesia Soal Nomor 7: Ringkasan Isi Teks"

Back To Top